Kenapa Mobil Di Katakan Boros BBM

Sebuah mobil di katakan boros bbm ketika melakukan perbandingan dengan mobil lain yang sama merek, sama teknologinya atau ukuran cc atau volume silinder atau mungkin bahkan mobil yang sama tetapi setelah melewati rute yang berbeda tetapi jarak tempuh sama.

Dengan kata lain mobil di katakan boros jika konsumsi bbm nya lebih banyak dari kondisi standar. Dan asumsi yang umum beredar adalah kalau seliter bensin bisa mencapai kilometer keramat yaitu 10 kilometer.

Mobil kondisi standar dan kita anggap sebuah mobil bermesin 3000cc, memiliki sistem audio berat, AC Double Blower, dengan berat mobil 1,5 ton misalnya, sangat wajar jika konsumsi bbm seliter untuk 5 kilometer.

Putaran Mesin Yang Tinggi Menjadi Penyebab BBM Boros
Putaran mesin yang tinggi sering menjadi penyebab bbm boros baik itu putaran mesin saat idle atau pun putaran mesin saat mobil jalan.
Untuk putaran mesin saat idle atau putaran mesin tanpa beban yang tinggi bisa menjadi penyebab bbm boros dan hal ini bisa dengan mudah di ketahui dengan cara membandingkan antara 2 mobil standar yang sama tetapi memiliki putaran idle berbeda. 
Sedangkan Contoh lain mobil bermesin 1000cc bisa lebih boros dari mobil bermesin 1500cc ketika melewati rute menanjak yang panjang, karena putaran mesin yang tinggi untuk mengimbagi tenaga yang di butuhkan untuk membawa body mobil.
Beberapa hal lain penyebab bbm boros
Terdapat beberapa aspek lain yang berhubungan dengan konsumsi bbm, diantaranya audio,jok tambahan, peredam, gaya mengemudi yang tidak ekonomis, kelurusan roda depan, hingga dimensi dan penambahan bobot mobil secara keseluruhan mempengaruhi konsumsi bbm dalam hitungan tertentu.

Lihat juga Tips Hemat BBM Mobil

Author:

----