Toyota Agya Daihatsu Ayla City Car Bermesin 3 Silinder

Gambar Mobil Toyota Agya
Perkiraan harga mobil murah yang menarik karena diperkirakan Harga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berada di bawah Rp. 100 juta.

Harga kedua City Car ini Agya dan Ayla memang dijanjikan tidak lebih dari Rp. 100 juta seandainya regulasi dari pemerintah soal LCGC segera bisa dijalankan.

Mobil baru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla ini menggunakan mesin dengan kode 1KR-DE. Untuk mesin berkode 1KR-DE ini secara khusus memang dibuat untuk pasar Indonesia.
Gambar Ruang Mesin Toyota Agya
Ruang Mesin Toyota Agya
Mesin Agya-Ayla menggunakan 3 silinder dan memiliki volume 1000 cc dengan teknologi DOHC, memiliki daya 65 PS pada 6.000 rpm serta torsi 85 Nm pada 3.600 rpm. Embay Sunaryo, Sebagai Head Development Project Team Astra Daihatsu Motor,mengatakan bahwa "Mesin baru, dan basisnya adalah seperti pada Daihatsu Xenia 1.000 cc. Tetapi sudah menggunakan teknologi baru," ungkap Embay.

Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak menggunakan VVT-i seperti umumnya mesin-mesin mobil bensin Toyota. Ke-tiada-an Teknologi VVT-i membuat berat mesin ini lebih ringan karena menggunakan bahan dari alumunium atau bukan menggunakan besi cor seperti mesin mobil pada umumnya, berat mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sekitar 69 kg.

Ditambah lagi untuk mesin mobil baru Toyota Daihatsu Agya dan Ayla ini dengan kode 1KR-DE menggunakan bahan resin-plastik untuk silinder head cover atau tutup silinder head nya, sehingga mengurangi berat sekitar 10 kg.

Penggunaan sistem DOHC - Double overhead camshaft atau  memakai dua noken as di kepala silinder sehingga membuat sistem kerja mesin menjadi lebih presisi pada putaran tinggi. Mesin Mobil Toyota Agya - Daihatsu Ayla tersebut lebih besar dibanding mesin mobil Daihatsu Xenia 1.000 cc.

Lihat juga Komparasi Perbedaan Spesifikasi City Car 2012

Author:

----